Bolu Kukus Strawberry


Salam Sejahtera,, Semoga selalu bahagia
Kali ini Umi mau posting artikel tentang Resep Bolu Kukus dan cara bikinnya, saat kita mendengar tentang bolu kukus, pasti pikirannya langsung menuju tepat pada sasaran, kue yang dibungkus dengan sebuah kertas minyak dan diberi warna serta wangi yang khas bolu kukus,, tapi tidak untuk Umi, Umi akan buat bolu kukus dengan rasa dan wangi yang berbeda, seperti apa??...
Yah Umi akan buat Bolu Kukus dengan warna dan rasa khas buah-buahan tapi bukan pakai pasta atau konsentrat atau pula essen. Tapi ini benar-benar dari buah-buahan.
Untuk lebih lanjut ayo ikuti Umi….



Kita akan buat Bolu Kukus untuk 25 buah
Bahan yang di perlukan :
- Telur ayam 5 butir
- Gula pasir 500 gr
- Soda kue ¼ sdt
- Baking powder ¼ sdt
- Vanili cair 1 sdt
- Tepung terigu 500 gr
- Soda manis 250 ml
- Garam secukupnya

Sebelum kita menuju untuk pengolahan adonan bolu, kita akan buat perasa dan pewarna buah-buahan dulu.. disini tergantung selera,, tapi kali ini Umi mau menggunakan buah strawberry..
Kita gunakan 5 buah strawberry matang lalu cuci dan blender sampai halus kemudian saring dan pisahkan
catatan  penting : Ingat buah strawberry mengandung cukup banyak air jadi tidak perlu lagi menggunakan air pada saat dicampurkan dengan adonan Bolu.
Cara Membuat Adonan Bolu Kukus :
Perama-tama kita kocok telur hingga benar-benar halus dan berbusa lalu masukan gula pasir dan soda kue serta baking powder secara bersamaan. Lalu masukan vanili kemudian kocok hingga merata. Masukkan tepung terigu serta soda manis secara bergantian hingga tercampur serta adonan terlihat berkembang lalu kita mixer dengan kecepatan sedang. Ambil ½ bagian adonan kemudian kita beri pewarna dengan sari buah strawberry, aduk hingga rata. (ingat adonan pertama dengan adonan yang kedua akan berbeda kekentalannya)
Siapkan Loyang yang sudah diberi alas kertas minyak, Setelah itu kita tuangkan adonan putih ke dalam loyang isi hanya setengah saja, kemudian timpahkan adonan yang sudah diberi warna dan rasa hingga penuh, lalu kita kukus kurang lebih 20 menit dan tutup dengan penutup kukus yang sebelumnya sudah kita bungkus dengan serbet atau kain yang bersih, Kita masak hingga adonan berkembang dan mengering Kecilkan api tunggu selama kurang lebih 5 menit, buka lalu angkat Bolu yang sudah matang lihat dan cium aromanya, apa yang beda dengan Bolu Kukus yang lain… bolu akan terlihat seperti bendera Merah Putih, Aroma akan tercium khas buah strawberry.
Dinginkan dan Bolu Pun siap untuk dihidangkan.
Mudah Bukan,, Selamat Mencoba dan selamat menikmati…

Terima Kasih Atas Kunjungannya,,, Semoga Bermanfaat ..  Amiin!

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »