Resep Membuat Nasi Tumpeng Ala Umi Fatimah



Negara Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, dan identic dengan berbagai budaya. Salah satunya pada makanan khas yakni Nasi Tumpeng. Nasi tumpeng biasanya di sajikan pada saat ada acara –acara tertentu Sebut saja kalo di idat sunda Haminan, atau pada saat syukuran. Sebagian adat sunda ada yang masih menggunakan adat leluhur tersebut. Malah untuk di Daerah-daerah tertentu  sebut saja di Garut, baik di kalangan anak-anak sekolah maupun di kalangan ibu-ibu posyandu atau antar RT/RW setempat. kadang Nasi Tumpeng malah jadi nahan untuk do lombakan. Tak jarang Umi pun mendapat pesanan membuatkan Nasi Tumpeng untuk anak-anak sekolah, yah lumayan untuk nambah-nambah pengalaman.

Resep Membuat Nasi Tumpeng Ala Umi Fatimah


Resep membuat Nasi Tumpeung Ala Umi Fatimah




bahan-bahan dan bumbu yang di perlukan

beras ketan 100 gram (direndam semalaman)
Beras biasa (1 liter)
Santan Kelapa (750 ml)
Air matang (100 ml)
Daun Jeruk (3 lbr)
Daun Salam (2 lbr)
Kunyit (1 ruas)
Serai ( 1 btg)
Air jeruk nipis ( 1 sdm)
Garam secukupnya

Cara Membuat Nasi Tumpeng
Cucilah beras sampai bersih
Tiriskan beras ketan
Remas daun jeruk sampai tercium aromanya dan memarkan serai, Parut kunyit, campur dengan air 100 ml. Peras dan ambil air perasannya, Siapkan panci, masukan santan, daun salam, serai, daun jeruk, garam, dan air kunyit. Aduk sampai rata. Masukan beras kedalam panci dan rebus sambil terus diaduk.Tunggu sampai santan sedikit mengering (jangan sampai benar-benar kering) Angkat beras, dan matikan api. Sekarang tinggal mengukus beras selama kurang lebih 35 menit.
Setelah tercium wangi khas dari Nasi Tumpeung (identik dengan wangi Kunyit yang suah matang) Tuangkan nasi dalam wadah biarkan asapnya berkurang. Siapkan kerucut nasi Kalo orang sunda menyebutnya (Aseupan) dan basahi dengan air hangat.Tuangkan nasi kedalam kerucut sampai terisi penuh dan ditekan-tekan. Angkat kerucut nasi secara perlahan.

Kini Nasi tumpeng siap disajikan dengan lauk pauk dan sayuran.

Demikianlah itu tadi rangkaian pembuatan nasi tumpeng, prosesnya memang sedikit agak panjang. Tapi Saya yakin kalo dicoba tidak akan terlalu rumit.

Selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »